Rabu, 07 Desember 2016

#071216TM4 - Competitive Advantage.


Apa yang dimaksud Competitive Advantage dan Sustained Competitive Advantage ?

Competitive Advantage menurut Michael Porter
Adalah tentang bagaimana sebuah perusahaan benar-benar menetapkan strategi generik dalam prakteknya.

Competitive Advantage menurut Jay barney :
Perusahaan dikatakan memiliki competitive advantage ketika menerapkan strategi penciptaan nilai tidak secara bersamaan dilaksanakan oleh pesaing saat ini atau potensial

Sustained Competitive Advantage menurut jay barney:
Perusahaan dikatakan memiliki competitive advantage ketika menerapkan strategi penciptaan nilai tidak secara bersamaan dilaksanakan oleh pesaing saat ini atau potensial dan ketika perusahaan-perusahaan lainnya tidak dapat menduplikasi manfaat dari strategi ini.

3 STRATEGI GENERIK 
Dua tipe dasar keunggulan kompetitif dikombinasikan dengan ruang lingkup kegiatan dimana perusahaan berusaha untuk mencapai keinginan mereka. Tiga Strategi Generik berfungsi untuk mencapai kinerja rata-rata dalam suatu industri. Tiga Strategi Generik tersebut diantaranya : biaya kepemimpinan , differentiation, dan focus. Strategi focus ada 2 varian yaitu cost focus dan diferensiasi fokus.

Keuntungan biaya 
Perusahaan memiliki keunggulan biaya jika biaya kimulatif dalam melakukan semua kegiatan nilainya lebih rendah dari biaya pesaing.

Bagaimana menciptakan membuat keuntungan biaya

keunggulan biaya ini dapat dimanfaatkan dalam bentuk harga yang lebih rendah kepada konsumen untuk mendapatkan pangsa pasar, untuk menangkal serangan kompetitif, atau dalam bentuk margin yang lebih tinggi.
Sebuah perusahaan yang dapat menciptakan keunggulan biaya yang berarti menjadi pesaing yang sangat kuat rantai nilai dan analisis biaya dapat di jadikan cara untuk menentukan keunggulan biaya 

Strategi Diferensiasi 

Strategi diferensiasi, yaitu suatu strategi yang diambil oleh perusahaan untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya dengan cara menciptakan produk yang berbeda dari produk-produk pesaing.

Langkah yang Diperlukan Menentukan Dasar untuk Diferensiasi dan Memilih Strategi Diferensiasi:
  1. Menentukan siapa pembeli nyata
  2. Identifikasi rantai nilai pembeli dan dampak pada perusahaan
  3. Menentukan peringkat kriteria pembelian pembeli
  4. Menilai potensi keunikan di perusahaan
  5. Identifikasi biaya potensi diferensiasi
  6. Memilih nilai kegiatan yang paling berharga
  7. Menguji strategi diferensiasi yang dipilih
  8. Mengurangi biaya yang tidak efektif  

Strategy Focus 

Strategi fokus pada pasar, yaitu suatu strategi yang diambil oleh perusahaan untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya dengan menerapkan salah satu atau kedua strategi sebelumnya (strategi keunggulan biaya dan atau diferensiasi produk) pada pasar yang lebih kecil atau spesifik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar